Menjadi Teladan

Sobat FHL, dalam aktivitas sehari-hari Sobat tentu pernah kesal dengan ‘orang-orang dewasa’ yang ada disekeliling kita. Entah itu orangtua, atasan, guru, bahkan majelis dan pendeta di gereja. Mereka yang notabene panutan para orang muda, seringkali mengecewakan.

Tetapi kemudian, bagaimana sikap kita dalam menjalani keseharian kita? Dalam kita berkarya di kantor, sekolah, ataupun gereja? Sikap kita di rumah? Sudah menjadi teladankah kita? Atau malah ikut terbawa arus?

Aku memiliki seorang teman. Ia adalah mantan Ketua Komisi Pemuda dilingkup Klasis Jakarta Dua. Ia tidak banyak omong. Orangnya sederhana dan murah senyum. Aku kagum padanya yang bisa menyatukan teman-teman sepelayanannya.

Suatu ketika aku menghadiri sebuah acara pemuda disana. Setelah acara selesai, sebagian dari kami main kartu remi, yang lainnya bermain UNO, dan ada pula yang bernyanyi sambil diiringi gitar. Tidak terasa kami begitu larut dalam kebersamaan. Yang menyadarkan kami adalah sewaktu sang ketua bangkit dari duduknya dan mulai mengangkat sampah-sampah.

Tidak ada kata yang terucap dari mulutnya. Pun demikian, seluruh teman-temannya mulai melakukan hal yang sama. Dalam sekejap, semua telah rapi! Wah, pemimpin muda yang luar biasa, pikirku.

Setelah mengenal sosoknya, aku pun yakin bahwa orang muda bisa dan sudah seharusnya menjadi teladan. Pilihannya adalah kita mau atau tidak?

Daripada menuntut dan mengeluh, beranikah Sobat mengambil langkah untuk menjadi teladan?

“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12).

FHL/th

[Ditulis untuk FHL Vol. 5, Oktober 2009]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s