Resolusi atau Solusi

Tahun baru sudah berlalu beberapa minggu. Sebelum tahun baru datang, kita memiliki tradisi untuk membuat resolusi. Kita membuat daftar tuntutan yang diri kita harus capai atau lakukan di tahun 2011. Kebanyakan orang mendambakan fisik yang lebih prima sehingga mereka diet, mendaftar ke berbagai pusat kebugaran, bahkan mungkin operasi. Sebagian orang lainnya ingin naik satu langkah lebih maju dalam karir, dalam percintaan, dan hal lainnya.

Kita begitu pusing memikirkan ingin ‘menjadi apa’ sehingga kita jadi lupa untuk ‘mencari siapa’.

Di akhir tahun 2010 aku merasakan diriku semakin jauh dari Tuhan. Makin hari semakin jauh. Aku jarang ke gereja, tentunya dengan membuat berbagai alasan. Aku tidak saat teduh selama beberapa waktu. Aku bahkan hampir tidak pernah berdoa lagi. Aku menyadari hal itu. Tapi aku bilang ke Tuhan, “Tuhan, nanti ya, aku lagi butuh waktu untuk sendiri.” Waktu sendiri itu ternyata sama sekali bukan solusi yang aku cari. Hidupku rasanya jadi kosong dan seakan tidak punya tujuan.

Semakin mendekati akhir tahun aku memutuskan untuk membeli buku renungan tahunan untuk tahun 2011. Aku ingin mencari solusi, bukan resolusi. Aku memutuskan untuk mencari Yesus.

Tahun ini aku jalani dengan bersaat teduh dan berdoa. Rasanya indah kembali dekat dengan Tuhan dan merasakan kehadiran-Nya dalam hari-hariku. Aku merasakan diri-Nya sedang membentukku.

Akhirnya aku sadar bahwa yang kita butuhkan bukan resolusi. Kita tidak perlu membebani diri kita dengan beban yang kita ciptakan sendiri. Penampilan, karir, asmara, dan berbagai kehidupan duniawi kita memang penting. Tapi jangan biarkan hal yang terutama terlupakan ketika kita menjalaninya. Karena pada akhirnya, hanya satu yang kita perlukan, hanya satu solusi dari setiap pergumulan kita.

Jadi, yang mana yang akan kita pilih?

“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” (Matius 11:29-30).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s